Pekanbaru

Pengamat Perkotaan Sebut Pekanbaru Berkembang Pesat

news-details
Pekanbaru
Mardianto Manan

Linkarfakta.com - Kota Pekanbaru dibawah kepemimpinan Walikota DR H Firdaus ST MT jauh berkembang pesat. Banyak daya tarik yang dibangun sejak dipimpin Firdaus, baik daya tarik bagi masyarakat lokal, nasional, maupun internasional.

Hal ini diakui pengamat perkotaan Mardianto Manan kepada media saat diminta tanggapannya terkait perkembangan Kota Pekanbaru saat ini.

"Kota Pekanbaru perkembangannya sangat dasyat sekali, karena banyak magnet-magnet yang ada di tempatkan disetiap ruang di Kota Pekanbaru ini. Magnet itu daya tariknya bukan main kuatnya. Mulai dari daya tarik internasional, nasional bahkan lokal," ujar Mardianto Manan ditemui di Komplek Perkantoran Walikota Tenayan Raya.

Salah satu contoh dikatakan Mardianto Manan, yakni pusat perkantoran walikota Tenayan Raya yang dibangun di masa kepemimpinan Firdaus.

"Salah satu kita sekarang ini berada di kawasan pusat perkantoran Tenayan. Yang dulu mungkin saya agak sinis melihat kawasan pusat perkantoran. Tengok saja statement saya dari mana-mana. Tapi setelah ini dibangun, rupanya magnet-magnet yang baru tadi bisa menarik menjadi besi sembrani. Sembrani itu mengangkat ruang-ruang ini untuk orang pada mendekat," ucap Mardianto Manan.

"Katakanlah orang, pegawai negeri yang baru diangkat hari ini saja, kalau dia tinggal dan bekerja di kantor ini (Tenayan), kalau dia ngambil rumah kredit, ngapain dia ngambil rumah di Sukajadi atau di Panam. Lebih elok dia dekat disini. Artinya kawasan perkantoran Tenayan ini menjadi daya tarik abadi bagi ruang sekitarnya untuk memeratakan kota ini," sambungnya.

Lanjutnya, jauh sebelum pusat perkantoran walikota Tenayan Raya dibangun, disampaikan Mardianto Manan, wilayah Tenayan Raya identik sebagai tempat pembuangan sampah dan tempat menanam ubi. Namun saat ini jauh berkembang pesat.

"Dulu ruang ini, Kulim itu sangat indentik dengan orang menanam ubi atau membuang sampah. Tapi hari ini... itu dari segi kawasan perkantoran saja. Kalau dari segi regional atau Sumatera nya, Kota Pekanbatu ini terletak di jantung atau tengah Sumatera. Jadi dari mana sisipun sangat dekat," ucapnya.(LF*)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar