Pekanbaru

Stok Kontrasepsi di Gudang Disdalduk KB Mencukupi

news-details
Pekanbaru
Kepala Disdalduk KB Kota Pekanbaru, Muhammad Amin. Foto: Linkarfakta.com

Linkarfakta.com,Pekanbaru - Secara umum penggunaan alat kontrasepsi oleh masyarakat Kota Pekanbaru tidak ada kendala. Bahkan stok berbagai alat kontrasepsi yang ada di gudang Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru saat ini mencukupi.

Hanya saja, karena pandemi Covid-19, pelayanan sedikit terganggu. Namun demikian disampaikan Kepala Disdalduk KB Kota Pekanbaru, Muhammad Amin kepada media, Selasa (22/9/2020), pihaknya tetap memberikan pelayanan terkait kontrasepsi pada masyarakat, diberbagai klinik yang tersebar di 12 kecamatan.

"Semua kontrasepsi yang dibutuhkan masyarakat masih tersedia, bahkan gudang kita masih dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Pekanbaru. Hanya saja mungkin di pelayanan, karena pandemi covid," ujar Muhammad Amin.

"Kita tetap melakukan pelayanan di klinik-klinik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Di klinik ini khusus untuk kontrasepsi jangka panjang dan untuk kontrasepsi jangka pendek, seperti suntik. Kalau pil dan kondom dia (masyarakar) tinggal ambil klinik," terang Muhammad Amin.

Lebih jauh disampaikan mantan Kabag Kesra Setdaki Pekanbaru ini, begitu juga untuk metode kontrasepsi jangka pendek (MKJP), metode operasi pria (MOP) dan metode operasi wanita (MOW), Disdalduk KB tetap memberikan pelayanan, dengan catatan disiplin terapkan protokol kesehatan.

"Contoh hari ini di dalam pelayanan kontrasepsi dunia, kita tetap melayani dengan catatan tetap mengatur sistemnya. Seharusnya kita melayani satu hari, terpaksa kita melayani satu minggu. Atau dua minggu waktunya. Seharusnya pemakaiannya harus diganti, makanya kita droping lagi dengan pil atau dengan kondom, sehingga menurunkan angka kelahiran atau menstabilkan angka kelahiran masih bisa kita atasi," jelasnya.(LF3)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar