Pekanbaru

Disdalduk KB Pekanbaru Data 29.612 Peserta KB Aktif Gunakan Pil KB

news-details
Pekanbaru
Ilustrasi alat kontrasepsi. Internet

Linkarfakta.com,Pekanbaru - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru terhitung Januari hingga Juli 2020, mendata sebanyak 29.612 peserta KB Aktif gunakan alat kontrasepsi jenis pil. Angka itu tersebut tersebar di 12 kecamatan.

Di Kecamatan Sukajadi terdata sebanyak 879 peserta KB aktif gunakan pil KB.

Kemudian untuk Kecamatan Pekanbaru Kota sebanyak 597 orang yang menggunakan pil. Kecamatan Sail sebanyak 542 orang. Kecamatan Lima Puluh 650 orang. Kecamatan Senapelan 831 orang.

Kemudian di Kecamatan Rumbai sebanyak 2.739 orang. Kecamatan Bukit Raya sebanyak 3.948 orang. Kecamatan Tampan sebanyak 6.722 orang peserta KB aktif gunakan pil.

Kecamatan Marpoyan Damai sebanyak 3.418 orang gunakan alat kontrasepsi jenis pil. Kecamatan Payung Sekaki sebanyak 2.980 orang. Kecamatan Rumbai Pesisir sebanyak 2.198 orang. Dan di Kecamatan Tenayan Raya sebanyak 4.108 orang.

Disampaikan Kepala Disdalduk KB Kota Pekanbaru, Muhammad Amin kepada media, Selasa (17/11/2020), penggunaan alat kontrasepsi salah satu upaya pihaknya mengendalikan jumlah penduduk.

"Ini salah satu upaya yang kita lakukan dalam pengendalian penduduk. Selain itu melalui pendewasaan usia perkawinan, baik kuantitas maupun kualitas," ujar Muhammad Amin.

Diberitakan sebelumnya, dari berbagai jenis alat kontrasepsi seperti IUD, Implant, metode operasi pria (MOP), dan metode operasi wanita (MOW), yang paling tinggi digunakan masyarakat Kota Pekanbaru jenis alat kontrasepsi suntik.

Ini disampaikan Kepala Disdalsuk KB, Muhammad Amin.

"Saat ini di Pekanbaru suntik yang paling tinggi, dibawah itu pil. Dari Evaluasi saat ini kita cukup bagus capaian MKJP kita di Provinsi Riau. Malah saat ini MKJP kita melebihi dari pada non MKJP. Non Metode Kontrasepsi Jangka Pendek, lebih banyak jangka panjang," terang Muhammad Amin.

Dalam upaya menurunkan atau menstabilkan angka kelahiran, Disdalduk KB siapkan berbagai alat kontrasepsi, seperti IUD, MOP, MOW, Kondom, Implant, Suntik, dan Pil.(LF*)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar