Pekanbaru

Pasaman Barat Studi Banding ke Pekanbaru, Ini yang Dipelajari

news-details
Pekanbaru
Pertemuan rombongan DPRD serta OPD Kabupaten Pasaman Barat dengan Kepala Diskominfotik, Firmansyah Eka Putra, Sekretaris DPMPTSP Pekanbaru, F Rudi Misdian beserta jajaran diruang rapat MPP.

Linkarfakta.com,Pekanbaru - Layanan yang diberikan pada masyarakat di Mall Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru jadi acuan berbagai daerah, baik tingkat daerah maupun nasional. Hal ini dibuktikan dari berbagai kunjungan studi banding yang dilakukan ke MPP hingga kini.

Rabu (15/1/2020) pagi, kunjungan dalam rangka studi banding dilakukan DPRD Kabupaten Pasaman Barat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pasaman Barat ke MPP Pekanbaru.

Pertemuan antara rombongan DPRD Pasaman Barat dan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang diwakili Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotik) Kota Pekanbaru, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) berlangsung diruang rapat MPP.

Berbagai program terkait pengembangan layanan berbasis teknologi (IT) dibahas dalam pertemuan.

Ketua DPRD Pasaman Barat, Ir Fahrizal Hamni usai pertemuan kepada media menyampaikan apresiasi atas kemajuan Kota Pekanbaru.

"Saya sebagai pimpinan DPRD Pasaman Barat melihat Kota Pekanbaru ini sudah sangat maju. Tujuan kita kesini dalam rangka menaikkan IT di Pasaman Barat. Kedepan kita harus ikut acuan Kota Pekanbaru. Saya memberikan apresiasi yang besar pada Kota Pekanbaru, termasuk kepala dinas yang telah menjadi ASN teladan di Indonesia. Kita ingin mengikuti jejak Kota Pekanbaru supaya Pasaman Barat bisa maju," ucap Fahrizal Hamni.

Disampaikan Fahriza Hamdi, Pasaman Barat berencana membangun layanan publik seperti yang dijalankan Pemko Pekanbaru saat ini. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang maksimal pada masyarakat.

"Kita melihat MPP Kota Pekanbaru ini sangat luar biasa, ada lebih kurang 30 pelayanannya. Kita di Pasaman Barat terpisah-pisah. Yang menarik disini ada pelayanan Paspor, SIM, Imigrasi dan lain sebagainya. Sehingga masyarakat tidak disulitkan lagi. Dari hp saja, masyarakat sudah bisa daftar, besok tinggal datang. Intinya kita ingin mengacu ke Kota Pekanbaru," tutupnya.

Ditempat yang sama, Kepala Diskominfotik, Firmansyah Eka Putra mengaku siap membantu dan bekerjasama dengan Pemkab Pasaman Barat dalam meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

"Ini kunjungan kedua. Intinya mereka datang kesini ingin melakukan studi banding tentang pelaksanaan smart city di Kota Pekanbaru. Belajar bagaimana dalam implementasi SPBE, sistem pemerintahan berbasis elektronik. Menggali apa apa saja yang sudah kita lakukan di Kota Pekanbaru sehingga bisa di implementasikan di Pasaman  Barat," jelas Firmansyah Eka Putra.

"Kita siap membantu saudara kita yang ada di Pasaman Barat. Salah satu yang kita sarankan adalah supaya kita melakukan kerjasama antar daerah dengan membuat MoU antara walikota dan bupati Pasaman Barat," ujar Firmansyah Eka Putra.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar