Pekanbaru

Kecamatan tak Serius Jalankan Program Aksi Bersih Pemko Pekanbaru

news-details
Pekanbaru
Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Zulfikri

Linkarfakta,PEKANBARU - Kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru sepertinya tidak serius dalam menjalankan program Aksi Bersih yang di launching Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi S.Si beberapa waktu lalu.

Hal ini terbukti dari respon pihak kecamatan dalam menjalankan isi surat edaran (SE) terkait Aksi Bersih yang diterbitkan Pemko Pekanbaru. Diketahui, dari 12 kecamatan, hanya satu kecamatan saja yang menjalankannya.

Ini diketahui setelah Linkarfakta.com mewawancarai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Zulfikri, Selasa (4/9/2018) pagi.

"Selama ini saya lihat baru satu kecamatan saja yang sudah berjalan," ungkap Zulfikri di Kantor Walikota Pekanbaru. 

Namun demikian, Zulfikri, tidak menyebut kecamatan mana yang sudah menjalankan SE Aksi Bersih yang ditandatangani langsung oleh Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT.

Tapi, hasil wawancara, Kepala DLHK mengisaratkan kecamatan yang dimaksud merupakan Kecamatan Bukit Raya. 

"Saya selalu memantau ke lapangan, memang nampak di sepanjang Jalan Harapan Raya sudah tidak ada lagi yang buang sampah," ungkap Kepala DLHK. 

Menurutnya, Aksi Bersih Pekanbaru bebas sampah tidak bisa mengandalkan DLHK saja, namun harus melibatkan semua unsur. Mulai Camat, RW hingga RT. 

"Pekanbaru ini milik bersama. Termasuk para Camat sampai RT dan RW ikut membantu untuk membersihkan sampah di Pekanbaru," ujarnya. 

Ditanya soal pengangkutan sampah di zona 1 yang meliputi beberapa titik di Kecamatan Tampan, Payung Sekaki dan Marpoyan Damai, Ia mengatakan sudah mulai berjalan. Walau, diakuinya, rekanan pemenang lelang yaitu PT Godang Tua Jaya masih melakukan pemetaan titik sampah di wilayah itu. 

"Bulan ini mereka masih menjajaki atau pemetaan dimana titik-titik lokasi sampah yang harus diambil. Karena mereka masih baru, tentu mereka belajar dulu lokasinya. Berjalan dua minggu ini sudah berjalan kinerjanya sudah mulai nampak," jelasnya.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar