Pekanbaru

Jamkesda Dihapus, Pemko Pekanbaru Luncurkan KPS

news-details
Pekanbaru
Ilustrasi.Net

Linkarfakta.com,PEKANBARU - Salah satu program Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di 2019 yakni akan meluncurkan Kartu Pekanbaru Sehat (KPS). KPS nantinya akan diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu. 

KPS sebagai pengganti program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) yang selama ini dimanfaatkan oleh masyarakat. Jamkesda beradasarkan instruksi presiden per 1 Januari 2019 tidak berlaku lagi.

"Meski pemerintah pusat tidak membolehkan lagi Jamkesda ini dipakai, kita di daerah tidak akan tutup mata. Jaminan kesehatan masyarakat kurang mampu adalah jadi tanggung jawab kita. Nah, melalui APBD yang kita punya, kita akan tetap bantu dengan membuat program baru, yaitu Kartu Pekanbaru Sehat (KPS)," ungkap Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus MT, Rabu (16/1/2019).

Menindaklanjuti itu, Dinas Sosial (Dinsos) Pekanbaru mengusulkan 42 ribu kepala keluarga (KK) dimasukkan kedalam daftar penerima KPS. Yang mana ribuan tersebut berdasarkan hasil verifikasi Basis Data Terpadu (BDT) yang dilakukan Dinsos.

"Bagi masyarakat yang belum terdaftar di BDT, bisa melapor (ke Dinsos), nanti kita sesuaikan dengan kondisi dia (warga) di lapangan," terang Kepala Dinsos Pekanbaru, Chairani.

Untuk payung hukum KPS dikatakannya, Pemko Pekanbaru telah menerbitkan peraturan walikota (Perwako).(link)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar