Pekanbaru

Pemko Bayarkan Tunggakan PJU Meterisasi

news-details
Pekanbaru
Kepala BPKAD Kota Pekanbaru, Syoffaizal.

Linkarfakta.com,PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) bayarkan tagihan Penerangan Jalan Umum (PJU) meterisasi. BPKAD melunasi tagihan PJU yang punya meteran lantaran tertunggak sejak Juli 2018 silam. 

Tagihan yang dibayarkan adalah selama rentang Juli 2018 hingga Juli 2019.

Total tagihan yang dibayarkan mencapai Rp 15,3 miliar. Setiap bulannya besaran tagihan berkisar Rp 1 miliar hingga Rp 1,3 miliar.

BPKAD membayar per 1 Agustus 2019. "Tagihan yang dibayarkan adalah PJU yang meterasi," terang Plt Kepala BPKAD Kota Pekanbaru, Syoffaizal didampingi Kepala Bidang Perbendaharaan, Basri, Selasa (6/8/2019).

Menurutnya, Pemerintah Kota Pekanbaru dan PLN sudah dimediasi oleh Kejari Pekanbaru. Ada kesepakakatan bahwa PJU yang meterisasi tidak diragukan tagihannya.

Maka tagihan PJU yang meterasi sudah bisa dibayarkan. Apalagi sudah ada arahan dari Walikota Pekanbaru untuk segera dibayarkan.

Nantinya bakal dilakukan pertemuan lanjutan terkait pembayaran PJU meterasi setiap bulannya. "Yang tidak ragu ya kita bayarkan saja. Untuk angsuran tunggakan yang ada," jelasnya.

Pemko bakal melakukan pertemuan lanjutan dengan PLN terkait tagihan PJU non meterasi yang masih tertunggak. Tagihan tersebut memang belum dibayarkan.

Ia menyebut perlu audit BPK terkait tagihan itu. "Kita tetep berupaya lunasi tunggakan. Apalagi sudah dianggarkan pada APBD perubahan," jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Noer MBS kepada media mengklaim sudah ada upaya penyelesaian tagihan PJU. Pemko sudah lakukan komunikasi intens dengan PLN.

Proses penyelesaian terkait tunggakan ini sudah dibahas bersama. Ia menyebut bahwa proses penyelesaian sedang berjalan. 

HM Noer menyebut bahwa pemerintah kota dan PLN sedang berupaya menyelesaikan permasalahan ini. Proses pembayaran bakal dilakukan secara bertahap sesuai kondisi keuangan Pemko.

Namun ia tetap memasang target. Tunggakan PJU pemerintah kota ini diperkirakan tuntas pada akhir tahun 2019.

Ada 41.333 titik PJU yang menyebar di lima rayon Kota Pekanbaru. Namun jumlah PJU yang punya meteran di Kota Pekanbaru mencapai 9.583 titik.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar