Pekanbaru

Kerap Banjir, Warga Kampung Bandar Bersihkan Drainase

news-details
Pekanbaru
Warga bongkar dan bersihkan drainase.

Linkarfakta.com,PEKANBARU - Resah atas luapan air saat hujan, warga RT1/RW2, Jalan Kota Baru-Jalan Panglima Undan bongkar dan bersihkan drainase. 

Disampaikan Ketua RT01/RW02, Jalan Kota Baru, Kelurahan Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Moyan, inisiatif diambil warga lantaran resah setiap hujan air meluber kejalan.

"Kita ambil inisiatif dengan membongkar tembok yang menyumbat drainase. Mestinya aliran air ini lurus dan langsung ke Sungai Siak. Ini malah berbelok ke kanan," keluh Moyan.

Lanjut Moyan, saat kegiatan Aksi Bersih Sungai Siak yang dilaksanakan pada Kamis (20/6/2019) pagi, Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT telah menginstruksikan Dinas PUPR untuk membongkar timbunan yang menyumbat aliran drainase.

"Pak walikota sebenarnya sudah memerintahkan Dinas PUPR untuk membongkarnya. Tapi sampai saat ini tidak juga. Maka kami warga disini berinisiatif untuk membongkar dan membersihkannya. Kalau tidak, setiap hujan, air meluber kejalan hingga masuk ke rumah warga," ungkap Moyan sembari menunjuk kearah drainase.

Dikatakan Moyan, dirinya bersama warga yang lainnya membongkar drainase pada Senin (1/7/2019) pagi. Dan pembongkaran diketahui oleh Camat Senapelan.

Diberitakan sebelumnya, Walikota Pekanbaru Firdaus mengunjungi proyek drainase di Jalan Kota Baru, tepat di bawah Jembatan Siak III, Kamis (20/6/2019), disela-sela acara Aksi Bersih Sungai Siak bersempena Hari Jadi Pekanbaru ke-235. Proyek yang diketahui milik Pemerintah Provinsi yang baru selesai itu tidak berfungsi dengan maksimal.

Terjadi penyumbatan di gorong-gorong drainase. Kondisi ini membuat air meluap saat hujan turun. Dan bahkan masuk ke pemukiman warga sekitar.

"Bagi teman-teman OPD yang bekerja dalam pembangunan, jangan hanya mengejar output. Artinya, pekerjaan itu jangan hanya siap dalam kontraktual, tetapi pentingkan juga manfaatnya bagi masyarakat," ujar Firdaus saat itu.

Dirinya menginstruksikan Dinas PUPR Pekanbaru membongkar timbunan yang menyumbat aliran drainase agar berfungsi dengan baik.

"Ini kita perintahkan kepada Dinas PUPR, agar dibongkar. Insya Allah dengan satu titik ini kita perbaiki, airnya kemudian bisa mengalir lancar," harapnya.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar