Pekanbaru

Kembangkan Kreatifitas Masyarakat, Kecamatan Rumbai Gelar Sosialisasi Bank Sampah

news-details
Pekanbaru
Sosialisasi bank sampah di Kecamatan Rumbai.

Linkarfakta.com,PEKANBARU -  Sesuai Intruksi dari Walikota Pekanbaru melalui OPD Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru untuk membuat Bank Sampah. Terkait hal ini masyarakat kecamatan Rumbai mengikuti sosialisasi Bank Sampah di Aula Metropolitan Kantor Kecamatan Rumbai Kamis (22/11/2018).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program DLHK setiap Kecamatan harus memiliki satu bank Sampah. Setelah dilakukan sosialisasi ini kita akan langsung membuat Bank Sampah di Kecamatan Rumbai, Demikian Disampaikan Camat Rumbai Vemi Herliza S.STP Kamis (22/11/2018).

Camat Vemi, mengatakan sosialisasi bank sampah ini bertujuan sebagai wadah bagi masyarakat dan ibu-ibu untuk dapat mengembangkan kreatifitasnya dengan harapan dari sampah menjadi berkah.

"Tujuan dari bank sampah ini sebagai menjadi momentum awal membina kesadaran kolektif masyarakat untuk mulai memilah, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah guna membangun lingkungan yang lebih baik sekaligus membangun ekonomi," ujarnya.

Selain itu Vemi juga mengatakan selain mendaur ulang sampah yang mereka nanti bisa hasilkan mempunya nilai ekonomis, bahkan nanti Bank Sampah bisa menyediakan sembako bagi nasabahnya. 

Direktur Bank Sampah Karimun Madani Trizaldi ST selaku narasumber mengatakan bahwa Paradigma pengelolaan sampah yang bertumpu pada pendekatan akhir sudah saatnya ditinggalkan dan diganti dengan paradigma baru pengelolaan sampah. Paradigma baru adalah memandang sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan.

Bank sampah merupakan strategi dalam mengembangkan dan membangun kepedulian masyarakat agar dapat berkawan dengan sampah bukan menjadikannya sebagai lawan.

Trizaldi juga berharap bank sampah ini nantinya akan memiliki banyak nasabah seperti bank-bank pada umumnya. Dia juga berharap dengan adanya bank sampah ini dapat menyadarkan masyarakat arti pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

"Kalau kita berbicara tentang sampah, tidak akan habisnya akan selalu ada. Kami sangat apresiasi kepada Kecamatan Rumbai yang telah mencanangkan sosialisasi untuk program ini. kami berharap janganlah jadikan ini hanya sebagai moment sesaat dan dari kami insyaallah akan kami jadikan ini sebagai pilot project untuk kota Pekanbaru " tutur Trizaldi.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar