Pekanbaru

DPP: Stok Terbatas Penyebab Naiknya Harga Kebutuhan Pokok

news-details
Pekanbaru
Int

Linkarfakta,PEKANBARU - Naiknya harga sejumlah bahan pokok, seperti cabe merah, bawang merah dan daging ayam, disebabkan oleh hukum pasar. Yang mana terbatasnya stok dan permintaan atas kebutuhan bahan pokok tidak menurun.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut melalui Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Juarman kepada media, Selasa (7/8/2018).

"Hukum pasar berlaku, stok terbatas dan permintaan tidak menurun. Mengakibatkan harga naik," terang Juarman. 

Dijelaskan Juarman, terbatasnya stok kebutuhan bahan pokok diakibatkan oleh faktor cuaca. "Jadi.., Pekanbaru sangat bergantung dengan Sumatera Barat dan Sumatera Utara untuk suplai sembako. Jadi kalau terjadi kendala sedikit saja, pasti akan berpengaruh dengan harga di pasar," ungkap Kabid Perdagangan DPP Kota Pekanbaru, Juarman. 

Namun demikian, dikatakan Juarman, masyarakat tidak perlu kuatir atas naiknya harga kebutuhan bahan pokok. Pasalnya dikatakan Juarman, jika pasokan bahan kembali lancar, harga kebutuhan bahan pokok otomatis akan kembali turun.

Sebagaimana diketahui, masyarakat Kota Pekanbaru resah atas naiknya harga beberapa bahan pokok, seperti daging ayam, bawang merah dan cabai merah, yang mana kenaikkan terjadi sejak sepekan lalu.

Seperti yang terdata oleh DPP Kota Pekanbaru, bawang merah saat ini naik menjadi Rp26 ribu perkilo, sebelumnya, harga bawang merah sebesar Rp22 ribu perkilonya. Sedangkan cabai merah saat ini Rp33 ribu perkilo, sebelumnya cabai merah asal Bukit Tinggi, Sumatera Barat sebesar Rp28 ribu perkilo. Sementara daging ayam ras sebesar Rp30 ribu perkilogram dan tidak mengalami kenaikkan. 

Begitu juga dengan harga komoditi lainnya yang masih stabil yakni,  bawang putih sebesar Rp20 ribu perkilo, telur ayam ras Rp1.600 per butir, daging sapi Rp120 ribu perkilo dan ikan tongkol Rp45 ribu perkilo.

Ditempat terpisah, salah seorang ibu rumah tangga Eli (36), melalui media berharap, pemerintah segera mengatasi naikknya kebutuhan bahan pokok. "Kita berharap kepada pemerintah agar menekan tingginya harga bahan-bahan untuk keperluan di dapur. Hidup kami sudah susah, ditambah dengan naiknya kebutuhan bahan pokok.. ya tambah susahlah hidup kami bang.. Jadi sekali lagi kami mohon kepada pemerintah, agar kebutuhan-kebutuhan yang kami beli dipasar atau warung bisa turun segera," ujar perempuan dua anak ini berharap.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar