Pekanbaru

Walikota Minta Diskominfo dan Dispusip Siapkan Arsip Digital

news-details
Pekanbaru
Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus MT.

Linkarfakta.com,PEKANBARU - Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, meminta Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) menyiapkan arsip digital atau berbasis elektronik untuk penyimpanan seluruh arsip milik pemerintah kota.

Arsip digital, sebut walikota, bertujuan mengurangi tumpukan arsip manual atau berbentuk fisik yang jumlahnya sudah cukup banyak dan tersebar di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Mengingat dalam bulan ini kita mau pindah ke kantor baru, maka perlu dibuat arsip digital. Nanti semua arsip penting bisa diinput ke arsip digital, dan arsip yang tidak dibutuhkan lagi maka bisa dimusnahkan. Untuk itu, Kominfo dan Dispusip harus menyiapkan arsip digital ini," kata walikota, Rabu (6/2/2019).

Khusus untuk arsip di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), walikota menginginkan semuanya diinput ke arsip digital dan arsip fisik tetap tersimpan dengan baik mengingat arsip fisik keuangan dibutuhkan sebagai pertanggungjawaban pemakaian APBD.

"Arsip keuangan, fisiknya juga harus disimpan dengan baik. Karena arsip keuangan ini kita juga perlu fisiknya, penting kalau kita diperiksa auditor," ujarnya.

Sementara untuk arsip lainnya yang fisiknya tidak dibutuhkan lagi, walikota mempersilahkan untuk dilakukan pemusnahan dengan catatan harus memiliki berita acara pemusnahan.

"Kalau usianya (arsip) kira-kira tidak dibutuhkan lagi, musnahkan, buat berita acara pemusnahan. Kecuali arsip penting, itu fisiknya harus tetap terjaga. Nanti OPD bisa berkoordinasi dengan pak sekda untuk pemusnahan arsip ini," tutup walikota.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar