Ekonomi

Wali Kota Tanam Bibit Porang di Kelurahan Agrowisata Rumbai Barat

news-details
Ekonomi
Wali Kota Pekanbaru, Firdaus tanam bibit Porang di Kelurahan Agrowisata Rumbai Barat. Foto: Ist

Linkarfakta.com,Pekanbaru - Wali Kota Pekanbaru Firdaus menanam bibit porang di Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai Barat, Rabu (15/9/2021). Tanaman porang ini ditanam di lahan seluas 7 hektare. 

"Momentum ini kita jadikan suatu kegiatan dalam pemulihan ekonomi. Tanaman porang merupakan jenis umbian yang menjadi potensi ekonomi baru di sektor pertanian," kata Wali Kota Firdaus usai penanaman bibit porang. 

Potensinya menjadi besar karena porang ini salah satu komoditas ekspor. Penanaman porang ini dirintis oleh Deni di Pekanbaru tiga tahun lalu.

"Penanaman porang dimulai dari lahan 20x30 meter. Kini, beliau telah mengelola lahan 6,5 hektare," ungkap Firdaus.

Deni sudah bekerja sama dengan badan usaha, termasuk mitra kerja dari luar negeri. Kerja sama dengan investor luar negeri ini terkait pembangunan pabrik pengolahan porang di Riau, tepatnya di Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Sebelumnya, Deni menjual hasil panen ke Jawa.

"Permintaan porang dari Hongkong mencapai 9.000 ton porang basah. Sementara, Riau baru mampu menanam 1.000 porang dengan luas lahan 100.000 hektare," sebut Firdaus.

Pemko sudah memetakan seluruh lahan di Pekanbaru. Para pemilik lahan didorong agar dikelola menjadi lahan produktif. Sehingga, ekonomi kerakyatan di sektor pertanian akan bisa membantu pemulihan ekonomi nasional. 

"Tanaman porang ditanam di lahan 7 hektare dengan potensi luas 14 hingga 20 hektare di Rumbai Barat. Tanaman porang sudah ditanam di lahan 30 hektare lebih di kecamatan lain," papar Firdaus. 

Total seluruhnya 60 hektare di Pekanbaru. Ada sekitar 121 hektare lahan untuk ditanam porang di Riau. 

"Berarti 50 persennya terdapat di Pekanbaru," ucap Firdaus.(LF*)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar