Palang Merah Singapura akan Salurkan Bantuan Untuk Korban Tsunami

news-details
Ilustrasi. Palang Merah Singapura. NET

Linkarfakta.com,SINGAPURA - Rencananya, Palang Merah Singapura (SRC)
akan menyalurkan bantuan kemanusian senilai 50 dolar Singapura untuk korban tsunami Selat Sunda. Bantuan ini nantinya untuk pemulihan pasca bencana. Adapun barang-barang bantuan yang akan disalurkan sistem penyaringan air, selimut, alas tidur, dan peralatan rumah tangga.

Palang Merah Indonesia (PMI) juga telah melakukan upaya pencarian dan penyelamatan, dengan mengerahkan 22 ambulans bersama sejumlah awak medis. Sebanyak 14 truk air, lima tim klinik keliling, serta dua helikopter ikut dikerahkan dalam upaya tersebut.

"SRC berhubungan dekat dengan PMI dan mitra-mitranya di Indonesia, dan telah menyiapkan tim tanggapan lanjutan untuk mendistribusikan bantuan serta melakukan penyisiran darat," kata organisasi itu dalam pernyataan resmi, dikutip Channel News Asia, Senin (24/12).

"Tim akan berangkat pada satu atau dua hari berikutnya, untuk mendukung PMI dalam pekerjaan bantuan," tambah pernyataan itu.

Sekretaris Jenderal dan CEO SRC, Benjamin William, mengatakan prioritas organisasinya adalah untuk mendukung upaya PMI dalam memberikan bantuan penting bagi para penyintas. "Selain kebutuhan mendesak, tim juga mengantisipasi dan mempersiapkan kemungkinan datangnya wabah penyakit menular di daerah yang terkena dampak," ujar William.

Mercy Relief, organisasi kemanusiaan non-pemerintah lokal lainnya, mengatakan mereka saat ini tengah berhubungan dengan mitra-mitranya di Indonesia dan memantau situasi dengan cermat.

"Kami siap membantu, jika diperlukan," kata organisasi tersebut.

Sedikitnya 281 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka akibat tsunami yang dipicu oleh letusan gunung berapi Anak Krakatau. Tsunami menghantam wilayah pesisir di sekitar Selat Sunda antara pulau Sumatra dan Jawa pada Sabtu (22/12) malam.***

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar