Pekanbaru

Stok Obat Pasien ISPA di Pekanbaru Mencukupi

news-details
Pekanbaru
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin.

Linkarfakta.com,PEKANBARU - Stok obat-obatan untuk masyarakat yang terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat kabut asap di Kota Pekanbaru, dipastikan mencukupi. Selain obat, seluruh puskesmas yang ada siap melayani pasien ISPA.

Ini disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Muhammad Amin saat diminta tanggapannya terkait stok obat, serta kesiapan Diskes dalam melayani pasien ISPA.

"Disamping masker, 1000 kotak disiapkan. Obat-obatan lain seperti obat yang ada di ILFK kita sudah berada di puskesmas, seperti obat batuk, kita sudah siapkan untuk masyarakat, mencukupi. Seluruh puskesmas kita siap menangani korban dampak kabut asap," ungkap Muhammad Amin pada Linkarfakta.com di Kantor Wali Kota Pekanbaru, Senin (12/8/2019) siang.

Lanjut Muhammad Amin, pihaknya telah mengoptimalkan seluruh puskesmas dalam melayani pasien ISPA.

"Kita sudah optimalkan puskesmas. Dan rata-rata puskesmas kita sudah ada IGD. Untuk penderita disebabkan kabut asap diutamakan untuk dilayani lebih cepat. Sehingga penanganannya tidak terlambat, itu yang kita harapkan," ujar Muhammad Amin.

Saat ini menurut Plt Kepala Diskes, kondisi udara di Pekanbaru berada pada posisi sedang.

"Puskesmas kita sudah kita instruksikan untuk menangani persoalan dampak dari kabut asap, terutama terhadap lima penyakit yang muncul. Ada sekitar 1.000 lebih yang kena ISPA. Data pastinya silahkan tanya ke Bidang P2P," kata Plt Kepala Diskes.

Diketahui, Diskes Kota Pekanbaru miliki lima puskesmas rawat inap yang siap melayani pasien ISPA.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar