Pekanbaru

Diprediksi Pemudik Jalur Darat Meningkat 5 Persen

news-details
Pekanbaru
Ilustrasi arus mudik tahun ini.Net

Linkarfakta.com,PEKANBARU - Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) Pekanbaru dan Provinsi Riau, memprediksi pemudik jalur darat tahun 2019 ini meningkat hingga 5 persen dari biasanya. Mahalnya harga tiket pesawat saat menjadi pemicu hal itu terjadi.

Ketua Organda Pekanbaru, Syaiful Alam, membenarkan, tahun ini akan terjadi lonjakan penumpang untuk jalur darat. Apalagi untuk jurusan menuju Pulau Jawa dan ke Sumatera Utara.

"Ya, akan terjadi lonjakan penumpang, apalagi untuk arah ke Jawa dan Sumut. Karena itu kota akan lakukan penambahan armada tapi sifatnya reguler," singkat Syaiful Alam.

Ditempat terpisah, Ketua Organda Riau, M.Nasir, menjelaskan, memang terjadi kenaikan jumlah penumpang sekitar 2-5 persen dari biasanya.

"Tidak signifikan, paling 2-5 persen saja. Kami siap mengangkutnya," kata Nasir.

Menurut dia, tak signifikannya lonjakan jumlah penumpang jalur darat meski diketahui harga tiket pesawat mahal, karena adanya alternatif lain yang bisa digunakan masyarakat untuk mudik. Salahsarunya dengan menyewa kendaraan pribadi. Bisa memuat hingga tujuh orang, kendaraanpun bisa dipakai sampai ke kampung halaman.

"Kalau sewa mobil yang perhari Rp 500 ribu saja, 10 hari baru Rp 10 juta. Itu sudah bisa bawa satu keluarga dan mobilnya bisa dipakai sampai kampung," jelas Nasir.

Ditanyakan, terkait kesiapan kendaraan dibawah naungan Organda Riau untuk musim mudik tahun ini, Nasir, menjawab,  kendaraan yang ada saat ini cukup bahkan berlebih. Untuk itu, pihaknya akan terus mengupayakan mengangkut semua penumpang yang akan mudik menggunakan jalur darat.

"Kalau kendaraan cukup, bahkan lebih. Buktinya setiap tahun kami menunggu penumpang, bukan penumpang yang menunggu kendaraan," tutupnya.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar