Pekanbaru

Pemko Pekanbaru Optimis Raih Piala Adipura

news-details
Pekanbaru
Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus MT. LINKARFAKTA

Linkarfakta.com,PEKANBARU - Penilaian kota besar terbersih akan dilakukan pemerintah pusat tahun depan. Pemerinta Kota (Pemko) Pekanbaru disampaikan langsung Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT mengaku optimis kembali meraih Piala Adipura.

"Insyaallah, tahun depan untuk penilaian tahun ini, kita optimis bisa menerima Adipura," ucapnya, Jumat (18/1/2019).

Sejauh ini, kata walikota, gagalnya pemerintah kota menerima predikat kota bersih itu bukan karena kondisi fisik kota yang tidak bersih, tapi akibat kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

"Jadi bukan karena fisik, karena secara fisik, Pekanbaru sudah relatif bersih dibandingkan kota lain," tegasnya.

Disampaikan walikota, sejak 2014 lalu, Pemerintah Pusat sudah mulai memperketat sistem penilaian piala Adipura. Yang mana, Dewan Adipura yang dibentuk tidak lagi menilai hanya pada kondisi fisik kota saja, tapi juga meliputi visi kepala daerah dan partisipasi masyarakat. 

"Visi kepala daerah diuji, Alhamdulillah kita masuk kandidat penerima. Namun di akhir, kita kalah nilai hanya 0,5. Penyebabnya, karena partisipasi masyarakat masih kurang peduli terhadap lingkungan," ungkap Firdaus.

Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan tersebut, terang Firdaus, pemerintah kota sudah membuat gerakan 'Pekanbaru Bersih'

"Melalui gerakan Pekanbaru Bersih, kita berharap bagaimana agar ada kesadaran pada kebersihan lingkungan dari masyarakat," ucapnya.

Selain masyarakat, Firdaus juga mengharap adanya kepedulian dan kesadaran pelaku usaha dalam menjaga kebersihan dan lingkungan.

"Mari sama-sama kita menjaga, agar persoalan lingkungan kita dapat kita selesaikan dan kita dapat menciptakan lingkungan yang berkualitas dan mewujudkan salah satu dari 6 pilar smart city, Lingkungan berkualitas yaitu lingkungan yang aman, nyaman, sehat, bersih, damai, asri," tutupnya.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar