Cina Adili Penyelundup Narkoba Asal Kanada

news-details

Linkarfakta.com,Beijing - Pengadilan di Cina bakal menggelar persidangan untuk mengadili seorang warga negara Kanada yang ditahan karena tertangkap menyelundupkan obat-obatan terlarang.

Kasus ini bakal menambah ketegangan antara Kanada dan Cina, yang hubungannya memburuk pasca penangkapan Direktur Keuangan Global Huawei, Meng Wanzhou, pada 1 Desember 2018.

“Pengadilan tinggi di Provinsi Liaoning mengatakan seorang lelaki asal Kanada bernama Robert Lloyd Schellenberg akan diadili karena menyelundupkan obat-obatan teralrang di Kota Dalian pada Sabtu besok,” begitu dilansir Reuters pada 27 Desember 2018 waktu setempat.

Saat ini, Cina telah menahan tiga warga negara Kanada, yaitu seorang diplomat bernama Michael Korvig, seorang pengusaha Michael Spavor dan seorang guru bahasa Inggris Sarah McIver. Dua pertama ditahan dengan tudingan mengancam keamanan negara. Sedangkan McIver ditahan karena bekerja tanpa dokumen.

Pengamat menyebut tindakan otoritas Cina ini sebagai balasan atas penangkapan Meng, yang dilakukan atas permintaan AS. Otoritas AS menuding Meng terlibat dalam skema pembayaran proyek infrastruktur telekomunikasi di Iran, yang sedang dikenai sanksi dagang.

Media asal Kanada, Globe and Mail, melansir Schellenberg ditangkap empat tahun lalu terkait kasus penyelundupan narkoba. Pejabat Kanada disebut menganggap proses persidangan itu sebagai hal biasa.

“Kantor urusan global Kanada telah mengikuti kasus ini selama beberapa tahun dan menyediakan bantuan konsuler sejak dia ditahan di Liaoning, Cina. Kami akan terus menyediakan layanan konsuler untuk dia dan keluarganya,” kata Richard Walker, juru bicara Kantor Urusan Global Kanada.***

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar