Pekanbaru

Warga di Enam Kelurahan Tangguh Bencana Diimbau Siaga Kebencanaan

news-details
Pekanbaru
Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra. Ist

Linkarfakta.com,Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, menghimbau warga khususnya di enam Kelurahan Tangguh Bencana untuk siaga mengantisipasi potensi terjadinya kebencanaan seperti banjir.

Keenam Kelurahan Tangguh Bencana tersebut di antaranya Kelurahan Tobek Godang (Binawidya), Palas dan Srimeranti (Rumbai), Industri Tenayan (Tenayan Raya), serta Tirta Siak dan Bandar Raya (Payung Sekaki). Seluruhnya merupakan wilayah yang rawan terjadinya banjir sesaat.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Selasa (14/9/2021) menyikapi terjadinya perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan sejak sepekan terakhir.

Menurut dia, potensi terjadinya banjir sesaat pasca diguyur hujan lebat masih ada terutama di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS). Untuk itu, kesiap-siagaan diperlukan sebagai antisipasi.

"Potensi (banjir) selalu ada, terutama di wilayah aliran sungai. Karena itu, kepada warga di Kelurahan Tangguh Bencana, mereka bisa tanggap begitu terjadi bencana baik itu banjir maupun kebakaran lahan," pintanya.

Sejauh ini, disampaikan Zarman, warga di Kelurahan Tangguh Bencana telah dibekali berbagai upaya pencegahan maupun penanganan.

"Untuk itu, mereka bisa melakukan penanganan secara dini seperti yang telah kami bekali dan juga telah diberikan simulasi," tutup mantan Camat Payung Sekaki ini.(LF*)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar