Advertorial

Pemko Pekanbaru Dukung Sensus Penduduk Berbasis IT

news-details
Advertorial
Walikota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, MT foto bersama pihak BPS usai menggelar pertemuan di ruang rapat kediaman dinas Jalan Ahmad Yani.

Linkarfakta.com,PEKANBARU - Untuk pertama kalinya Indonesia melaksanakan sensus penduduk berbasis aplikasi Teknologi Informasi (IT) yang akan dilaksanakan pada pertengahan Bulan Februari-Maret tahun 2020. Langkah ini didukung penuh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang mana dukungan disampaikan langsung Walikota Pekanbaru, Dr. H Firdaus, MT.

Menurut Walikota Firdaus, pelaksanaan itu nantinya sangat menarik.  Sebab untuk pertama kali Indonesia melaksanakan sensus penduduk berbasis IT.

"Intinya Badan Pusat Statistik akan melaksakan sensus penduduk di tahun 2020. Dimulai dari pertengahan Februari sampai akhir Maret. Dan yang lebih menarik sensus ini sangat berbeda dari  sebelumnya, karena pertama kali Indonesia menggunakan teknologi IT yaitu dengan aplikasi," ujar Walikota.

Pemko Pekanbaru, kata Firdaus, sudah menyatakan kesanggupan bahkan bertekad menyukseskan pelaksanaan sensus penduduk tersebut. Karena sangat strategis dan penting, sebab dengan data validlah yang akan mampu dijadikan sebagai kekuatan untuk menyusun suatu perencanaan bagi pembangunan

"Kita siap mendukung sensus 2020. Kita mendorong camat, lurah dan jajaran untuk aktif sosialisasikan rencana sensus penduduk ini," jelasnya.

Wako, mengajak BPS untuk bersinergi untuk melengkapi basis data kependudukan di Kota Pekanbaru.

Apalagi variabel dalam sensus penduduk sudah termaktub dalam basis data kependudukan Kota Pekanbaru. Data yang ada yakni nama, jenis kelamin, perumahan, pekerjaan, kesehatan hingga pendidikan.

Terkait sensus penduduk, Wako Pekanbaru sudah menerima Perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekanbaru, Senin (4/11) lalu. Pertemuan berlangsung di ruang rapat Kediaman Wali Kota Pekanbaru, Jalan Ahmad Yani. 

Bahasan pada pertemuan itu yakni persiapan jelang Sensus Penduduk 2020. 

''Kita siap mendukung sensus 2020. Kita mendorong camat, lurah dan jajaran untuk aktif sosialisasikan rencana sensus penduduk ini,'' kata Firdaus.

Kepala BPS Kota Pekanbaru, Dewi Kristiani, menyampaikan, sensus penduduk bakal berlangsung Februari 2020 hingga Maret 2020. Ia menyebut tahap awal untuk koordinasi mulai pada 2019 hingga Januari 2020.

"Jadi saat ini kami melakukan kordinasi dan konsolidasi tentang rancangan kegiatan sensus," jelasnya.

Proses sensus penduduk nantinya secara online. Cara ini berbeda dengan pendataan secara tradisional yakni mendatangi rumah ke rumah. 

Petugas menggunakan metode kombinasi. Dewi menyebut butuh partisipasi langsung masyarakat dalam sensus penduduk kali ini.

"Kami tentu butuh dukungan dari pemerintah kota, untuk mengajak peran serta masyarakat," tandasnya.(advertorial)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar