Advertorial

Masuk Kawasan Industri Strategis Nasional, Peluang KIT Berkembang Sangat Besar

news-details
Advertorial
Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus MT memaparkan konsep pembangunan KIT di hadapan Forkopimda dan pejabat pemko.

Linkarfakta.com,Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru disampaikan langsung Wali Kota Pekanbaru, Dr H Firdaus MT mesti bekerja keras untuk memastikan Kawasan Industri Tenayan (KIT) Pekanbaru yang terletak di wilayah Kecamatan Tenayan Raya, masuk sebagai salah satu dari 14 kawasan industri strategis nasional di Pulau Sumatera.

"Tidak mudah memasukkan KIT sebagai kawasan industri strategis nasional, karena banyak tahapan dan persyaratan yang mesti kita dipenuhi," ucapnya, Minggu (12/1/2020).

Diketahui, KIT masuk salah satu kawasan strategis nasional di Sumatera. Dengan ditetapkannya KIT sebagai kawasan strategis nasional, sebut wali kota,  maka peluang KIT untuk segera berkembang sangat besar. Apalagi saat ini menurutnya sudah ada beberapa investor yang tertarik untuk berinvestasi.

"Saat ini masih ada sekitar 260 hektare lahan KIT yang siap untuk dibangun," ungkapnya.

Untuk persiapan sarana infrastruktur di KIT sudah hampir tersedia maksimal. Seperti sarana listrik dan air sudah tersedia. "Akses jalan kita akan merealisasikan pembangunan jalan lingkar luar dari Jalan 70 menuju KIT sampai ke jalan tol Pekanbaru Dumai," ujarnya.

Buka 155.000 Loker
Disampaikan walikota, Kawasan Industri Tenayan merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 27 kawasan industri Strategis nasional, dan bagian dari 14 kawasan di Pulau Sumatera.

"Ini diharapkan dapat menjadi proyek strategis nasional 2020," harapnya..

Menurut walikota, KIT akan menjadi peluang guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena, di kawasan itu akan muncul kawasan perkotaan baru yang dibarengi dengan munculnya lowongan pekerjaan (loker).

"Di Tenayan ada seluas 1.500 hektare wilayah perencanaan RPJMN diperkirakan akan mampu membuka lapangan pekerjaan untuk teknis saja sekitar 155.000 lapangan pekerjaan. Belum lagi lapangan pekerjaan dari sektor informal yang akan mendukung kawasan itu," tuturnya.

Karena itu, walikota berharap adanya dukungan dari semua pihak untuk pembangunan kawasan industri tenayan. Sebab, pengembangan KIT tersebut sudah dicanangkan sejak 26 tahun silam.(advertorial)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar