Pekanbaru

Empat Kunci Diskop Pekanbaru Kembangkan Koperasi Dan UMKM

news-details
Pekanbaru
Kepala Diskop UMKM Kota Pekanbaru, H Azharisman Rozie

Linkarfakta,PEKANBARU> - Tugas Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop UMKM) adalah pemberdayaan Koperasi dan UMKM. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan Koperasi UMKM, Diskop UMKM Kota Pekanbaru mengantongi empat kunci pemberdayaan.

Seperti diungkapkan Kepala Diskop UMKM Kota Pekanbaru, H Azharisman Rozie ketika ditemui diruang kerjanya, Senin (14/5/2018).

"Pemberdayaan koperasi dan UMKM itu ada empat. Pertama berdayakan sumber daya manusianya (SDM,red). Koperasi mesti ada pendampingan, kita dapat pendampingan dari provinsi, ini mau ditambah empat lagi, berarti ada 16 pendamping. Mulai dari pembinaan sampai laporan keuangan. Kita berharap di Pekanbaru ini seluruh UMKM itu ada laporan keuangan. Kedua pembinaan dan pelatihan. Ketiga yang diperlukan itu adalah modal. Keempat, pemberdayaan kita adalah pemasaran," ungkap Haris panggilan Kepala Diskop UMKM Pekanbaru.

Diakui Haris, perhatian pemerintah terhadap pelaku UMKM masih minim, ini dapat dilihat dari anggaran pelatihan yang diberikan untuk pelaku UMKM yang ada di Kota Pekanbaru.

"Kelemahan kita selama ini jujur kita katakan, keberpihakan pemerintah masih kurang terhadap UMKM. Contohnya empat tadi (pembinaan koperasi UMKM,red) yang saya bilang, sangat sedikit dana untuk pelatihan," ujar mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru ini.

Selain itu diungkapkan pria yang pernah menjabat Kepala Badan Kepegawaian Pekanbaru ini, minimnya perhatian pemerintah terhadap pelaku UMKM ini dapat dilihat dari setiap acara yang digelar oleh pemerintah. Dalam acara yang digelar, yang menyediakan makanan hanya satu perusahaan saja

"Kita juga menjalankan program, bagaimana kedepannya koperasi yang ada di Pekanbaru ini berbasis syariah. Jangan kita dibilang madani, namun koperasi yang kita kelola ada ribanya," tandasnya.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar