Pekanbaru

Capaian PAD PBB Pemko Pekanbaru Jauh Dari Target

news-details
Pekanbaru
Kabid PBB dan BPHTB Bapenda Kota Pekanbaru, Adrizal

Linkarfakta,PEKANBARU - Terhitung Januari hingga pertengahan September 2018, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor Pajak Bumi Bangunan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang dikelola Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) capai lebih kurang Rp 42 miliar. Jika mengacu pada target yang ditetapkan sebesar Rp 120.153.729.308, capaian PBB jauh dari target.

"Ahamdulillah sampai hari ini sudah Rp 42 miliar (realisasi PBB,red). Kalau kita bandingkan dengan tanggal dan bulan yang sama di 2017 lalu, alhamdulillah ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Ini dari target Rp120 miliar (di 2018,red)," ungkap Kepala Bidang PBB Bapenda Kota Pekanbaru, Adrizal saat di wawancara terkait realisasi PAD PBB di tahun 2018, Selasa (18/9/2018).

Diakui Kabid PBB, jauhnya capaian PAD PBB,disebabkan adanya beberapa kendala, seperti belum adanya penilai pajak yang bersertifikasi.

"Kendala tentu (ada,red). Satu yang belum tergarap itu kita akui ada bangunan-bangunan yang tinggi, tapi itu harus ada penilai pajak yang betul-betul bersertifikasi penilai pajak. Untuk buminya alhamdulillah berjalan. Untuk bangunan-bangunan yang luas, seperti living world, itu tentu harus ada penilai yang bersertifikasi. Tapi itu melalui pihak ketiga, tentu kita menunggu lagi. Yang banyak sekarang ini yang sudah layak kita nilai, tapi ini  membutuhkan orang-orang yang bersertifikasi penilai, untuk menilai," ucap Adrizal saat ditanya apa saja kendala yan dihadapi untuk mencapai target PBB.

Disinggung strategi apa yang akan dipakai untuk mengatasi semua kendala, agar capaian PBB sesuai dengan yang diharapkan, dijawab Kabid PBB, Adrizal.

"Strategi lain kita jemput bola. Sabtu-Minggu itu kita buka layanan mobil keliling. Mobil dua, itu sudah kita jadwalkan di kecamatan-kecamatan mana. Kemudian mobil satu itu siap di telfon, ke Bidang PBB, Bapenda jemut bola. Kalau umpamanya disalah satu perumahan, mereka sibuk dan tidak sempat membayar, kalau mereka banyak disana, kita siap datang. Ini setelah pak lurahnya datang ke Bapenda dan koordinasi," jelasnya saat ditemui di Kantor Bapenda.

"Insha Allah (ditanya optimis capai target,red) kita masih dalam proses menjelang akhir tahun ini, masih kita gesa menjelang akhir tahun. Imbauan pada masyarakat se Kota Pekanbaru, maupun diluar Kota Pekanbaru, mari kita bayar pajak kita sebelum jatuh tempo tanggal 30 Desember dan pembayaran itu dapat dilakukan melalui bank atau ATM. Dibawah Rp 100 ribu, memberikan stimulus. Dibawah Rp 100 ribu tidak membayar (pajak,red)," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, di tahun 2017, Pemko Pekanbaru menargetkan PAD PBB sebesar Rp 104.212.342.806, sedangkan realisasi sebesar Rp 19.239.099.896 atau sebesar 18,46 persen.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar