Pekanbaru

Kembangkan Usaha Kecil, Diskop Pekanbaru Gelar Kegiatan Kemitraan UMKM

news-details
Pekanbaru
Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi S.Si didampingi Kepala Diskop UMKM, Azharisman Rozie tinjau stand UMKM

Linkarfakta,PEKANBARU - Dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta menumbuhkan semangat entrepreneur, Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop UMKM) Kota Pekanbaru, Senin (20/8/2018), menggelar kegiatan Kemitraan UMKM, Perencanaan, Koordinasi dan Pengembangan Usaha Kecil Menengah di Hotel Alpa Jalan Imam Munandar.

Kepala Diskop UMKM Kota Pekanbaru, Azharisman Rozie ketika diwawancara menjelaskan, selaras dengan program yang kini dijalankan Diskop UMKM Kota Pekanbaru, yakni Tri Dharma Pemberdayaan, Pemberdayaan Pendampingan, Pemberdayaan modal, serta Pemberdayaan Pemasaran, Diskop selalu memfasilitasi antara pemilik modal dan pelaku UMKM.

"Untuk mengembangkan semangat entrepreneur ini, maka kita secara terus-menerus memediasi, memfasilitasi antara pemilik-pemilik modal, stakeholder lainnya, seperti perguruan tinggi untuk memberikan motivasi kepada pelaku UMKM," ungkap Haris, panggilan Kepala Diskop UMKM Kota Pekanbaru.

Lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Bapenda Kota Pekanbaru ini, ekonomi yang smart ditopang oleh ekonomi yang terurai, yang lebih dikenal dengan Ekonomi Korea dan Ekonomi Kerakyatan. Yang mana ekonomi ini digerakkan oleh sektor UMKM.

"Menurut data yang ada di Indonesia, ada 10 persen dari masyarakat yang memiliki semangat inter printer kewirausahaan untuk Kota Pekanbaru dan penduduk kita yang mencapai 1,1 juta mestinya harus ada 100.000 lebih yang memiliki semangat dan bekerja di sektor UMKM, tetapi kenyataannya yang tercatat sebesar 3.461 orang," terang Haris sembari menyebut kegiatan yang diadakan diikuti 100 pelaku UMKM se Kota Pekanbaru.

Diketahui, kegiatan yang berlangsung selama dua hari dibuka langsung Wakil Walikota, Ayat Cahyadi S.Si.

"Kegiatan serupa sudah sering dilakukan, baik melalui pembiayaan oleh stakeholder, maupun dari APBD Kota Pekanbaru. Pak Wakil Walikota Pekanbaru, bapak Ayat Cahyadi S.Si dalam sambutannya menyampaikan, untuk mewujudkan Pekanbaru Smart City yang Madani, salah satu pilarnya adalah Smart Ekonomi," ujar Haris.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar