Pekanbaru

Hingga Juli BPKAD Cairkan Rp 1,6 Miliar Bantuan Operasional PAUD

news-details
Pekanbaru
Kepala Bidang Perbendaharaan BPKAD Kota Pekanbaru, Basri.

Linkarfakta.com,PEKANBARU - Hingga Juli 2019, Pemerintah Kota (Penko) Pekanbaru melalui Badan Pengelola Keuangan Aset dan Daerah (BPKAD) cairkan bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak, serta Kelompok Bermain (KB) sebesar Rp1.650.687.200. Bantuan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat ini di 2019 dianggarkan sebesar Rp9.508.800.000.

Informasi ini disampaikan Plt Kepala BPKAD Kota Pekanbaru, Syoffaizal melalui Kepala Bidang (Kabid) Perbendaharaan, Basri kepada media, Jumat (2/8/2019).

"Alhamdulillah, anggaran yang bersumber dari pemerintah pusat yakni BOP sudah dicairkan.Yang sudah dicairkan sampai Juli Rp 1.650.687.200," ungkap Basri lewat telefon genggamnya.

Lanjut Basri, hanya TK, PAUD dan KB yang sudah di verifikasi oleh Dinas Pendidikan (Disdik) saja yang menerima bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik.

"Tentunya untuk verifikasi teknisnya di Disdik. Kita hanya menunggu pengajuan dari Disdik, lalu kemudian kami cairkan," jelas Basri.

Disampaikan pula, bantuan yang disalurkan dimanfaatkan untuk operasional sekolah.

"Seperti dana Belanja Operasional Sekolah (BOS) untuk tingkat sekolah lanjutan," terangnya.

Untuk mendapatkan bantuan, ada syarat yang mesti dipenuhi. Terkait ini, merupakan kewenangan Dinas Pendidikan.

"362 TK, PAUD dan KB yang menerima bantuan. TK, PAUD maupun KB ini harus melewati verifikasi dari dinas dan juga BPKAD untuk pencairan. Izin mereka harus lengkap. Kalau sudah lengkap baru bisa kita cairkan," terang Basri.

"Ini bentuk perhatian pemerintah pada PAUD. Kami imbau pada sekolah yang sudah menerima uang bantuan itu untuk menggunakannya sebaik mungkin. Sesuaikan dengan petunjuk teknis yang ada," tutupnya.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar