Advertorial

Aksi Bersih dan Berbagai Iven Meriahkan Hari Jadi Pekanbaru ke 235

news-details
Advertorial
Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT bersama Kadis PUPR, Indra Pomi Nasution bersihkan bersihkan Sungai Siak.

Linkarfakta.com,PEKANBARU - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Pekanbaru ke 235, Pemerintah Kota (Pemko)  Pekanbaru melalui menggelar berbagai iven, seperti kegiatan yang dijalankan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yakni melaksanakan Aksi Bersih Sungai Siak, Kamis (20/6/2019), yang dimulai pukul 7.30 WIB. Hingga berbagai perlombaan.

Aksi bersih sungai ini dimulai dari Masjid Nurul Iman, hingga Rumah Singgah Tuan Kadi, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Senapelan.

Diketahui, Sungai Siak adalah sungai yang memiliki fungsi strategis bagi Pekanbaru. Diketahui, Sungai Siak saat ini berada dalam kondisi memprihatinkan.

Sungai Siak merupakan sungai yang paling dalam di Indonesia, namun Daerah Aliran Sungai (DAS) Siak saat ini termasuk DAS kritis, kawasan rawan bencana banjir dan longsor, erosi, dan pendangkalan, serta terjadi berbagai macam pencemaran. 

Salah satu yang mencemari Sungai Siak adalah sampah (organik dan non organik) serta tumbuhan air (gulma) seperti eceng gondok.

Dalam aksi bersih, berbagai elemen dilibatkan. Aksi bersih dihadiri dan dibuka langsung oleh Gubernur Riau, Bapak Syamsuar.

Gubernur Riau bersama Wali Kota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT patroli aksi bersih Sungai  Siak di sepanjang aliran sungai menggunakan perahu. 

Selain Gubernur Riau dan Wali Kota, aksi bersih sungai juga dihadiri seluruh instansi, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Pekanbaru, Balai Wilayah Sungai Sumatera III, BKSDA, BPBD, Basarnas, Kodim 0301 Pekanbaru, Koramil 03/Senapelan, Polresta Pekanbaru, Polsek Senapelan, dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Aksi bersih sungai Siak ini bukan hanya seremonial belaka, namun diharapkan melalui aksi yang telah dilakukan dapat menjadi stimulan bagi masyarakat Pekanbaru khususnya di sepanjang tepian Sungai Siak agar lebih peduli terhadap lingkungan dan menimbulkan budaya bersih sungai Siak. 

Untuk itu, sangat diharapkan partisipasi aktif tamu undangan dan masyarakat yang hadir untuk bersama-sama mensukseskan aksi bersih sungai Siak ini.

Dalam Aksi Bersih Sungai Siak, Kecamatan Senapelan melibatkan berbagai elemen masyarakat, seperti ini disampaikan Camat Senapelan, Fabillah Sandy kepada media, Senin (17/6/2019).

"Yang mengoordinir pihak DLHK bersama PUPR. Dari kecamatan, kita kerahkan massa dengan melibatkan tokoh masyarakat, Forum Rt/Rw, komponen masyarakat lainnya, serta kelompok pencinta sungai. Kita ada Forum Pemerhati Sungai Batang Siak," ungkap Fabillah Sandy.

Dilokasi berbeda, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Pekanbaru ke 235, Kecamatan Tampan menggelar berbagai kegiatan, Minggu (16/5/2019), dimulai pukul 7.00 WIB, di Jalan Garuda Sakti lapangan Buluh Cina. Diantara kegiatan jalan santai, senam massal, halal bihalal dan pesta kuliner.

Menurut Camat Tampan, Hj Dra Liswarti kepada media, kegiatan nantinya akan dihadiri Wali Kota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT.

"Kita sudah mempersiapkan bekerjasama dengan media. Acara nantinya gerak jalan santai bersama Wali Kota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT, Ketua Panitia HUT Pekanbaru, masyarakat dan lurah Kecamatan Tampan. Insha Allah 3.000 yang hadir. Kita siapkan lebih kurang 4.000 kupon," ungkap Liswarti lewat telefon genggamnya.

"Hadiah doorprize yang disiapkan sangat menarik. Diantaranya seperti kulkas, TV, Sepeda, Hp, Kipas Angin, Dispenser, Setrika dan puluhan hadiah menarik lainnya," sambungnya.

Dikatakan Liswarti, yang lebih menarik, pesta kuliner. Yang mana di pesta kuliner nantinya peserta maupun masyarakat yang hadir dapat menikmati hasil kuliner yang dilombakan.

"Susunan acara, setelah jalan santai, kita kembali kelapangan untuk melaksanakan senam massal. Setelah itu baru dilanjutkan dengan acara Halal Bihalal bersama Wali Kota. Lanjut pemotongan tumpeng dan pencabutan doorprize. Yang lebih menarik, ada pesta kuliner yang mana bisa dinikmati langsung oleh masyarakat," tutupnya.

Bukan itu saja, Pemko Pekanbaru juga menggelar perlombaan perahu naga (Dragon Boat) di Sungai Siak.

Pada tanggal 23 Juni, Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi S.Si bersama sejumlah pejabat Pemko Pekanbaru melakukan ziarah ke makam pendiri Kota Pekanbaru di Masjid Raya Senapelan Minggu pagi (23/06/19). Ziarah ini merupakan rangkaian dalam rangka menyambut hari jadi Kota Pekanbaru ke-235 tahun 2019.

Ayat Cahyadi didampingi istri, beserta pejabat dilingkungan Pemko memanjatkan doa di makam pendiri Kota Pekanbaru. 

Usai ziarah, Wakil Wali Kota beserta rombongan menuju gedung DPRD Kota Pekanbaru untuk mengikuti Rapat Paripurna bersama anggota DPRD dalam rangka hari jadi Kota Pekanbaru ke-235 tahun 2019.

Untuk puncak perayaan HUT Pekanbaru 30 Juni dipusatkan di kawasan Car Free Night (CFN) Jalan Ahmad Yani. Malam puncak akan diadakan perlombaan, olahraga, sosial dan seni budaya dan hiburan.(advertorial)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar