Pekanbaru

DiskopUMKM Pekanbaru Fokus Binaan Usaha Mikro

news-details
Pekanbaru
Plt Kepala DiskopUMKM Pekanbaru, Idrus

Linkarfakta.com,PEKANBARU - Pelaku usaha mikro kecil saat ini membutuhkan bantuan pemerintah untuk memajukan usahanya. Oleh sebab itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop UMKM) tahun ini akan fokus membina pelaku usaha mikro.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskop UMKM Pekanbaru Idrus, hingga kini sebagian besar dari pelaku usaha mikro tersebut masih sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah untuk memajukan usahanya.

"Usaha kecil dan menengah sudah agak mapan. Jadi kita fokus ke usaha mikro dulu (pembinaan)," ungkap Kepala DiskopUMKM Pekanbaru, Idrus kepada Linkarfakta.com, Jumat (25/1/2019) pagi.

Lebih jauh disampaikan Idrus, untuk pembinaan pelaku usaha kecil dan menengah merupakan tanggung jawab dari pemerintah provinsi dan pusat.

"Meski demikian, kita tetap berhak juga masuk memberi pembinaan terhadap pelaku usaha kecil dan menengah ini," ucapnya.

Untuk tahap awal, terang mantan Kepala Bagian Kesra Setdako Pekanbaru ini, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan pendataan ulang terhadap seluruh UMKM di Pekanbaru mengingat data yang diterima Diskop UMKM dari BRI dan kecamatan tak sinkron.

Data BRI, sambung dia, tercatat sebanyak 13.531 UMKM di Pekanbaru. Sementara kecamatan hanya mencatat sekitar 12 ribu-an. 

"Mengapa kita ambil data di BRI, karena sebelumnya sudah bekerja sama dengan kita melakukan pembinaan. Sedangkan kecamatan, itu mereka yang memberikan izin. Itulah yang akan kita sinkronisasikan dulu," paparnya.

Guna menyinkronkan data UMKM itu, Diskop akan berkoordinasi dengan Bagian Ekonomi Setdako Pekanbaru untuk menjadwalkan turun ke kecamatan dan kelurahan melakukan pendataan ulang terhadap UMKM.

"Atau kita minta bantu kecamatan dan kelurahan mendata, karena mereka tentu lebih tau. Itulah yang akan kita koordinasikan teknisnya seperti apa, sehingga data UMKM ini benar-benar valid," tutupnya.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar