Pekanbaru

DPKP Pekanbaru Rancang Panggilan Cepat Smart Rescue Madani

news-details
Pekanbaru
Kepala DPKP, Kota Pekanbaru, Burhan Gurning.Linkarfakta.com

Linkarfakta.com,PEKANBARU - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru di tahun 2019 rancang panggilan cepat Smart Rescue Madani. Panggilan ini dapat dimanfaatkan masyarakat yang butuh pertolongan, baik akibat musibah kebakaran, gangguan binatang buas atau bencana lainnya.

Menurut Kepala DPKP Kota Pekanbaru, Burhan Gurning, untuk pembuatan aplikasi panggilan cepat ini, dibutuhkan anggaran sebesar Rp 350 juta.

"Dari kemaren sudah saya minta ke pak wali untuk dianggarkan. Setiap eselon II diminta ada perubahan yang bisa dimanfaatkan untuk kantornya, itu cakupan paling kecil. Kalau bisa untuk daerah atau tingkat nasional," ujar Burhan Gurning.

Untuk pengoperasian panggilan cepat Smart Rescue Madani, dikatakan Burhan Gurning, pihaknya melatih enam orang personil.

"Ini bukan hanya untuk mengantisipasi kebakaran gedung saja, tetapi termasuk binatang buas, binatang berbisa, pertolongan pada orang yang mau bunuh diri atau tewas tenggelam. Ini panggilan cepat. Enam anggota dilatih oleh tim IT, dua orang setiap pleton. Untuk operator IT, khusus. Untuk menerima laporan masyarakat dua orang per pleton," ungkap Burhan Gurning ketika ditemui di Kantor Walikota Pekanbaru, Senin (21/1/2019) pagi.

Selain DPKP, dalam penanganan bencana, ikut terlibat pihak kepolisian dan PLN.

"Kita kerjasama dengan Polisi, PLN. Bagaimana koordinasi yang cepat dilapangan. Ini yang kita harapkan. Smart Rescue Madani peluncurannya di Hut ke 100 Damkar," kata Burhan Gurning.(LF1)

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar