Fakta Viral

Ternyata Ini Alasan Baju Pramuka Berwarna Cokelat

news-details
Fakta Viral

Linkarfakta.com - Pramuka sangatlah identik dengan aktivitas petualangan seperti hiking dan juga kemping atau kemah. Pramuka juga dijadikan salah satu ekstra kulikuler di sekolah dengan berbagai jenjang. Tentunya untuk melakukan kegiatan pramuka ini, peserta tak akan lepas dari seragam pramuka yang berwarna cokelat. Sudah tahu belum sih kamu alasan kenapa warna baju pramuka itu cokelat? Kalau belum, yuk simak langsung alasan berikut.

1. Warna Pakaian Pahlawan Saat Memperjuangkan Kemerdekaan

Kamu pasti sudah pernah menyaksikan film tentang sejarah perjuangan Indonesia bukan? Jika kamu perhatikan, pasti seragam yang digunakan oleh mereka memiliki warna cokelat muda. Meskipun sebagian dari pejuang mengenakan seragam berwarna putih hitam, tapi warna cokelat tetaplah yang paling dominan di medan perang.

Itulah kenapa Kwartir Gerakan Pramuka menjadikan warna cokelat sebagai warna seragam pramuka. Dimana hal tersebut sudah resmi tercantum pada Bab 1 Pasal 5 Ayat B dalam Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Anggota Gerakan Pramuka. Keputusan tersebut dibuat, salah satunya dengan tujuan agar para anggota gerakan pramuka tak melupakan perjuangan para pahlawan negara.

2. Warna Tanah dan Air

Warna cokelat oleh sebagian orang Indonesia dianggap sebagai filosofi air dan tanah. Seragam atasan yang berwarna  cokelat muda menggambarkan warna air dan bawahan cokelat tua untuk menggambarkan warna tanah. Sayangnya anggapan ini hanya berasal dari masyarakat awam saja. Anggapan ini belum secara resmi diakui oleh Kwartir Nasional.

3. Warna Tunas Kelapa

Berdasarkan sejarah, penemu lambang tunas kelapa sebagai lambang pramuka adalah Soenardjo Atmodipurwo. Sebagai tanda pengenal resmi, tunas kelapa diartikan sebagai tunas penerus bangsa dan buah kelapa yang tahan lama menjadi simbol sifat anggota pramuka yang kuat baik secara jasmani maupun rohani.

Tak hanya itu, ada filosofi lain tentang tunas kelapa ini. Pohon kelapa bisa tumbuh di jenis tanah apapun sehingga diharapkan anggota gerakan pramuka juga mampu beradaptasi dengan baik dalam kondisi apapun.

4. Inisiatif dari Bapak Pramuka Dunia

Selain tiga alasan di atas, ada lagi satu alasan lain, yaitu berdasarkan hasil inisiatif dari bapak pramuka dunia yang bernama Baden Powell. Baden Powell merupakan sosok yang gemar berpetualang ke gunung, laut, bukit dan tempat lainnya. Perjalanan yang teramat jauh, ternyata membuat pakaian yang digunakannya berubah warna.

Hal tersebut terjadi karena beliau sering bergumul dengan lumpur basah. Saat kering, lumpur tersebut merubah seluruh pakaian dan tubuhnya menjadi warna cokelat.(link/net) 

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar