2018, 1.561 Bencana Menimpa Jawa Barat, 50 Orang Tewas

news-details
Bencana di Jawa Barat. Foto: Pikiranrakyat.com

Linkarfakta.com,Bandung - Terhitung Januari hingga Desember 2018, Jawa Barat ditimpa 1.561 bencana. Diantaranya 544 bencana tanah longsor, 434 kebakaran hunian, 286 angin puting beliung, 149 banjir, 141 kebakaran hutan, dan dua gempa bumi.

Informasi ini disampaikan 
Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu di Bandung, Rabu,

Kejadian-kejadian bencana itu, menurut dia, menyebabkan 50 orang meninggal dunia dan berdampak pada 75.706 warga dan 31.474 rumah warga.

Budi menjelaskan pula bahwa selama Desember 2018 bencana hidrometeorologi masih mendominasi.

"Adapun persentasenya peringkat pertama untuk bencana alam pada Desember 2018 ialah tanah longsor dengan persentase 51 persen, diikuti angin kencang 25 persen, banjir 13 persen dan terakhir kebakaran 11 persen," kata dia.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan tanah longsor paling banyak terjadi di Jawa Barat karena mayoritas kota dan kabupaten di tanah Pasundan merupakan daerah rawan longsor.

Usai meninjau dampak tanah longsor di Kampung Garehong, Dusun Cimapag, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Gubernur mengatakan bahwa dia sudah menginstruksikan seluruh pemerintah kabupaten/kota siaga mengantisipasi kemungkinan terjadinya tanah longsor.

Mengenai dampak tanah longsor di daerah itu, Gubernur mengatakan bahwa rumah-rumah yang tertimbun longsor di Dusun Cimapag tidak berada di lereng bukit.

"Sesuai kearifan lokal rumah yang masih berada di wilayah Kasepuhan Adat Sinarresmi ini posisinya sudah menyesuaikan. Longsor ini lebih disebabkan karena ada aliran air yang mungkin ekstrem sehingga tanahnya menjadi labil," katanya.***

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar