Ekonomi

BPS Riau : Inflasi Komulatif Riau Selama 2018 Dibawah Nasional

news-details
Ekonomi

LinkarFakta.com - PEKANBARU -  Sepanjang tahun 2018, inflasi di Riau hanya 2,45 persen. Angka ini jauh dibawah inflasi nasional yang berada pada angka 3,13 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Riau Aden Gultom, mengatakan bahwa inflasi Riau di 2018 lebih rendah dari nasional. Inflasi nasional sepabjang 2018 tercatat sebesar 3,13 persen. Sedangkan inflasi Riau sepanjang 2018 hanya sebesar 2,45 persen. 

"Pada Desember 2018, Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat inflasi di Riau hanya 0,23 persen . Kondisi itu membuat inflasi di Riau selama 2018 berada di level 2,45 persen atau di bawah angka nasional yang sebesar 3,13 persen," kata Aden kepada wartawan Rabu (2/1/2019) 

"Untuk inflasi di Desember 2018, penyebab inflasi masih paling besar dari kenaikan tarif angkutan udara," paparnya.

Aden menjelaskan salah satu pemicu kenaikan tarif angkutan udara yaitu momen libur akhir tahun dan libur anak sekolah, sehingga banyak masyarakat yang bepergian ke luar daerah.

Aden sempat mengungkapkan bahwa dirinya sekitar empat kali bepergian ke Jakarta pada Desember 2018 dan tidak bisa mendapatkan tiket pesawat di bawah Rp1 juta untuk sekali terbang. Hal ini berbeda dari beberapa waktu sebelumnya. 

Komoditas lain yang ikut menyumbang inflasi untuk Riau, yaitu bawang merah, daging ayam ras, tomat sayur, dan udang basah.

"Secara garis besar, inflasi Riau pada Desember 2018 berdasarkan kelompok pengeluaran disebabkan kenaikan dari harga bahan makanan serta transportasi," tutur Aden. (link/int) 

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar