Pekanbaru

Kadis LHK "Ragu" Laksanakan Program Pemberian Kantong Plastik Sampah Gratis

news-details
Pekanbaru
Kepala Dinas DLHK Pekanbaru

LinkarFakta.com - PEKANBARU - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru ragu dapat melaksanakan  dengan baik program pemerintah Kota Pekanbaru memberikan kantong sampah plastik secara cuma cuma kepada masyarakat. Pasalnya untuk mensukseskan program itu mesti menyiapkan dana sebesar Rp 45 Milyar. 

 

"Kantong plastik itu kan setiap hari di berinya. Itung aja berapa banyaknya rumah tangga yang ada di 3 kecamatan, maka setiap itu pula petugas memberi dan mengganti kantong plastik sampah tersebut ke masyarakat. Kalau menurut kajian kami, sekitar 45 Milyar lah anggarannya, ya mudah-mudahan aja anggaran kita cukup, ya tapi kalau tak cukup, tak mesti juga menurut saya untuk dipaksakan," ungkap Kepala Dinas DLHK Kota Pekanbaru, Zulfikri kepada wartawan, Rabu (2/1/2018). 

 

 

Dijelaskannya, Gebrakan Pemerintah Kota (Pemko) tahun 2019, dengan memberikan kantong plastik sampah gratis kepada masyarakat. Dinilai dapat memberikan stimulus terhadap kebersihan dan kepedulian lingkungan, rencana yang diinisiakan Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT tersebut juga harus didukung dengan kemampuan anggaran yang matang dari pemerintah untuk menopang rencana tersebut.

 

"Itu sedang dalam kajian. Inilah sebabnya kami diundang rapat ke kediaman, yang salah satunya untuk membicarakan hal tersebut," ujar Kepala DLHK Pekanbaru, Zulfikri lagi. 

 

Zulfikri juga menerangkan bahwa estimasi yang dilakukan pihaknya di DLHK terhadap pelaksanaan rencana tersebut, berdasarkan kalkulasi yang telah dilakukan, Pemerintah akan menggeluarkan anggaran sebanyak 45 Milyar.

 

"Semoga saja anggaran kita cukup, dan program ini berhasil," tutup Zulfikri (link).

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar