Suap Proyek SPAM Daerah Bencana, Ini Tersangka yang Ditahan KPK

news-details
Dugaan suap di Kementerian PUPR. Net

Linkarfakta.com,Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku cukup lama mempelajari dugaan suap proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2017-2018, yang mana juga proyek di daerah Donggala, Palu, Sulawesi Tengah yang baru saja terkena bencana tsunami pada September 2018. Serta dua proyek pengadaan pipa HDPE di Bekasi dan daerah bencana Sulawesi Tengah.
 
Ini dikatakan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang kepada media.

"Ini kami pelajari cukup lama ya bukan setelah bencana, kami tidak spesial kemudian ketika bencana datang. Jadi, kami bukan "pemadam kebakaran" juga, artinya sudah didalami cukup lama kemudian ternyata di daerah bencana juga ada," ungkap Saut.

KPK pun, kata dia, mengecam keras dan sangat prihatin karena dugaan suap tersebut salah satunya proyek pembangunan SPAM di daerah bencana.

Terkait kasus itu, dikutip dari Republika.co.id, KPK menahan delapan tersangka suap proyek-proyek SPAM di PUPR Tahun Anggaran 2017-2018. Delapan tersangka tersebut kini ditahan di enam Rutan yang berbeda.

"Untuk Dirut PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE) Budi Suharto (BSU) ditahan di Rutan KPK C1 Jakarta," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah dalam pesan singkatnya, Ahad (30/12).

Direktur PT WKE Lily Sundarsih (LSU) ditahan di Rutan KPK K4. Direktur PT Tashida Sejahtera Perkara (TSP) Irene Irma (IIR) ditahan di Rutan Polda Metro Jaya.

"Kemudian Direktur PT TSP Yuliana Enganita Dibyo (YUL) dan  PPK SPAM Katulampa Meina Woro Kustinah (MWR) ditahan di Rutan Polres Jaksel," ucap Febri.

Sementara Kepala Satuan Kerja SPAM Strategis/Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) SPAM Lampung Anggiat Partunggal Nahot Simaremare (ARE) dan PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin (DSA) ditahan di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur. Lalu, Kepala Satuan Kerja SPAM Darurat Teuku Moch Nazar (TMN) di Rutan Polres Jaksel. 

KPK telah menetapkan delapan tersangka dalam kasus ini. Diduga sebagai pemberi antara lain Dirut PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE) Budi Suharto (BSU), Direktur PT WKE Lily Sundarsih (LSU), Direktur PT Tashida Sejahtera Perkara (TSP) Irene Irma (IIR), dan Direktur PT TSP Yuliana Enganita Dibyo (YUL).
Sedangkan diduga sebagai penerima antara lain Kepala Satuan Kerja SPAM Strategis/Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) SPAM Lampung Anggiat Partunggal Nahot Simaremare (ARE), PPK SPAM Katulampa Meina Woro Kustinah (MWR), Kepala Satuan Kerja SPAM Darurat Teuku Moch Nazar (TMN), dan PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin (DSA).

Anggiat Partunggal Nahot Simaremare, Meina Woro Kustinah, Teuku Moch Nazar, dan Donny Sofyan Arifin diduga menerima suap untuk mengatur lelang terkait proyek pembangunan SPAM Tahun Anggaran 2017-2018 di Umbulan 3-Pasuruan, Lampung, Toba 1, dan Katulampa.

Dua proyek lainnya adalah pengadaan pipa HDPE di Bekasi dan daerah bencana di Donggala, Palu, Sulawesi Tengah. Untuk proyek tersebut, mereka menerima masing-masing sebagai berikut.

Anggiat Partunggal Nahot Simaremare menerima Rp 350 juta dan 5.000 dolar AS untuk pembangunan SPAM Lampung. Selanjutnya, Rp 500 juta untuk pembangunan SPAM Umbulan 3, Pasuruan, Jawa Timur.

Meina Woro Kustinah Rp 1,42 miliar dan 22.100 dolar Singapura untuk pembangunan SPAM Katulampa. Teuku Moch Nazar Rp 2,9 miliar untuk pengadaan pipa HDPE di Bekasi dan Donggala, dan Donny Sofyan Arifin Rp170 juta untuk pembangunan SPAM Toba 1.***

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar