Pemerintah Pastikan Stok Obat Korban Tsunami Mencukupi

news-details
Menteri Kesehatan, Nila Moeloek. Tempo

Linkarfakta.com,Lampung Selatan - Pemerintah Indonesia memastikan stok obat bagi korban tsunami di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, mencukupi. Ini dikatakan Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F Moeloek saat mengunjungi korban tsunami di Lampung Selatan, Selasa.

"Obat-obatan cukup, tadi saya sudah lihat, kalau pun kurang Dinas Kesehatan selalu menyiapkan," kata Menkes Nila.

Kalaupun kurang, tambahnya pemerintah pusat punya buffer stock, jadi tidak perlu khawatir soal obat.

Menkes meminta korban yang tinggal di  pengungsian untuk tetap menjaga hidup sehat karena tinggal di pengungsian rentan terkena sakit saluran pernapasan (ISPA).

"Kalau tidur di daerah pengungsian, di udara terbuka, kena hujan, penyakit ISPA tidak bisa dihindarkan," ujar Menkes. Dikutip dari Antaranews.

Dia berharap korban tidak depresi atas musibah yang dialami dan menyarankan korban menyibukkan diri, misalnya dengan mengobrol satu sama lain.

Sejumlah Kabinet Kerja, yaitu Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Menteri Kesehatan (Menkes), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Men PUPR), serta Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau korban tsunami di Kabupaten Lampung Selatan.

Pusat Posko Bencana Kemensos di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa merupakan lokasi pertama kali yang dikunjungi oleh rombongan Menko PMK Puan Maharani, Menkes Nila F Moeloek, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita.***

You can share this post!

Berita Lainnya
[Ikuti LinkarFakta.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar